8 Tips Cara Membuat Foto Bokeh Yang Lebih Menarik

hasil foto bokeh 50mm

Mau membuat foto bokeh? Berikut ada 8 tips cara membuat foto bokeh. Tapi, apa itu bokeh? Kata bokeh berasal dari bahasa Jepang, yang artinya blur atau kabur. Sebuah istilah tentang kualitas estetika subyektif untuk area di luar fokus dari sebuah foto.

Dengan mengaburkan background, obyek utama foto akan terlihat lebih menarik. Bahkan jika dia berada di tengah keramaian sekalipun. Tetapi ada pula saatnya bokeh bisa memperjelek foto kita contohnya pada saat foto landscape kita tidak perlu membuat foto bokeh karna kita akan memotret pemandangan secara keseluruh tidak terpaku pada satu objek saja.contoh foto bokeh bisa dilihat dibawah.

Ini dia 8 tips cara mendapatkan bokeh yang bagus:

1. Gunakan lensa yang tepat
lensa 50mm
lensa 50mm || pixabay

Semua lensa bisa membuat bokeh, tapi bokeh yang benar-benar keren dan menggiurkan bisa didapat dari lensa-lensa fixed atau prime dengan bukaan lebar f/1.4 dan f/1.8 atau lebih lebar. Salah satunya adalah lensa fixed 50mm f/1.8 yang cocok jadi teman terbaik dan wajib dimiliki karna harganya yang cukup murah dan dapat menghasilkan bokeh yang luar biasa, tetapi tidak menutup kemungkinan jika kalian hanya menggunakan lensa kit 18-55 juga bisa membuat foto bokeh.

2. Gunakan fokal terpanjang

cara membuat foto bokeh

Jika tidak punya lensa fixed, dan Anda memiliki lensa tele 70-200mm, 70-300mm, 80-200mm, ataupun lensa kit 18-55mm atau rentang fokal berapapun di atas 50mm, maka pakailah fokal terpanjang dari lensa tersebut.

Misalnya, Anda memiliki lensa kit 18-55, maka dengan meng-zoom hingga 55mm, Anda akan mendapatkan bokeh yang lebih keren dibanding panjang fokal 35mm, atau 40mm.

3. Gunakan mode Av (A) untuk pemotretan cepat

cara membuat foto bokeh

Agar tidak kehilangan momen, gunakan mode pemotretan prioritas bukaan lensa (aperture priority), khususnya pada pemotretan candid di jalan (street photography) atau di tempat umum.

Putar mode pemotretan ke Av pada Canon atau A pada Nikon. Ini akan membuat kamera secara otomatis mengatur exposure dan kita hanya konsentrasi pada pengaturan bukaan lensa saja. Kecuali apabila kita tidak dikejar momen kita bisa menggunakan mode manual (m) untuk menghasilkan foto lebih keren.

4. Pilih bukaan lensa (aperture) lebar

cara membuat foto bokeh

Lensa apapun yang Anda gunakan, atur bukaan lensa pada posisi terlebar. Semakin lebar bukaan lensa (angkanya semakin kecil), semakin keren bokehnya.

Lensa-lensa prime (fixed) biasanya memiliki bukaan lensa terlebar dari f/1.4 hingga f/2.8. Sedangkan pada lensa-lensa kit, kita hanya bisa mengatur bukaan terlebar pada f/3.5 hingga f/5.6.

5. Dekati obyek

cara membuat foto bokeh

Cara membuat foto bokeh yang lebih blur, usahakan memotret sedekat mungkin dengan obyek. Semakin dekat, semakin bokeh, kecuali anda menggunakan lensa yang memiliki FL panjang anda bisa tidak mendekati objek tapi dengan melakukan zooming terhadap objek.

6. Atur fokus ke bagian yang ingin ditajamkan

cara membuat foto bokeh

Kita harus mengatur ke bagian mana pada foto yang ingin kita tajamkan atau fokuskan nah bagian selain itu yang akan kita blur atau kita buat menjadi bokeh

7. Taruh obyek jauh dari background

cara membuat foto bokeh

Halus tidaknya bokeh, besar kecilnya butiran bokeh, itu sangat tergantung pada jarak obyek dengan background. Semakin jauh background, hasilnya semakin bokeh. Begitu juga sebaliknya.

8. Cari background yang menarik

Untuk membuat bokeh lebih menarik, carilah background yang menarik. Misalnya lampu warna-warni di pusat kota, atau kerlap-kerlip lampu di jalanan saat perayaan 17-an.

Itulah 8 tips cara membuat foto bokeh yang lebih menarik. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan