8 Tips Penting Untuk Fotografi Jalanan Bagi Pemula

fotografi jalanan

Kegiatan fotografi tentunya identik dengan melakukan hasil foto yang sesuai pada fungsinya. Kehidupan masyarakat di jalanan sangat baik untuk di abadikan. Dalam prakteknya, tidaklah mudah untuk menemukan hasil yang baik. Membutuhkan tempat dan suasana yang memang mendukung dalam proses pemotretan. Terlebih, fotografi jalanan harus memberikan aspek kehidupan masyarakat di jalanan. Berikut beberapa tips fotografi jalanan yang dapat anda coba.

Fotografer dalam pengambilan fotonya lebih berkonsentrasi pada hal yang tidak di definisikan sebelumnya. Artinya, fotografer mengambil gambar sesuai pada kenyataannya. Hasil fotonya tentu sangat baik dan akan mengungkapkan isi yang sebenarnya. Hal ini memungkinkan untuk mengabadikan moment yang bisa jadi tidak ada dimasa depan. Pengungkapan pesan sangat penting untuk diberikan. Tertarik untuk menghasilkan fotografi di jalanan yang berkualitas? Simak ulasan lebih lengkapnya dibawah ini mengenai tips fotografi jalanan terbaru.

Tips Fotografi Jalanan Untuk Semua

Terdapat beberapa tips yang dapat digunakan untuk memberikan hasil foto yang lebih maksimal. Berikut tips street photography terlengkap.

1.Perhatikan keadaan sekitar
fotografi jalanan
Perhatikan keadaan sekitar

Salah satu tips yang wajib untuk diketahui yaitu memahami keadaan sebelum melakukan bidikan. Hal ini perlu diketahui karena, masih banyak yang memotret tanpa melihat dan mehami keadaan. Perhatikan terlebih dahulu keadaan sekitar dan ambil sudut pandang yang tidak biasanya. Hal ini memungkinkan anda untuk menghasilkan foto yang lebih unik. Dalam pengambilan sudut pandang, disarankan memilih komposisi yang tepat.

Jika biasanya, seseorang memotret dalam keramaian. Maka, buatlah hal yang berbeda dan jauh lebih menarik. Memotret objek khusus dengan makna yang mendalam akan lebih disukai hasilnya. Terlebih pada area perkotaan yang memiliki banyak makna untuk dibahas. Manfaatkan semua keadaan menggunakan pola pikir yang lebih kreatif.

 

2.Foto bermakna
fotografi jalanan
Foto bermakna

Sebagai seorang fotografer yang jelas, tentunya anda ingin dalam setiap foto memiliki artinya. Begitu pula pada fotografi di jalanan yang memiliki banyak sekali makna untuk dapat disampaikan. Perhatikan betul objek yang akan anda ambil apakah memiliki makna yang jelas. Maksud dari makna disini yaitu mengambarkan kesenanggan, sedih maupun kegelapan. Semuanya harus jelas dan memiliki kualitas yang baik.

Tidak jarang, masih banyak yang mengabaikan hal ini. Jika sudah begitu, maka karya yang di ambil hanya menjadi tumpukan foto saja. Masyarakat dapat lebih mengenal setiap moment yang diampaikan jika pemotretannya sesuai pada artinya. Pesan dalam berkomunikasi melalui hasil foto akan lebih mudah didapatkan jika gamabrnya juga lebih jelas.

 

3.Menguasai teknik dasar
fotografi jalanan
Menguasai teknik dasar

Melakukan pengambilan gambar memang membutuhkan ketrampilan yang tidak biasa. Bahkan fotografer profesional pun masih harus belajar. Teknis seperti angle,komposisi dan alat yang digunakan harus sesuai pada fungsinya. Setiap foto yang akan dibidik harus memilih angle yang tepat agar hasilnya tidak asal jadi. Tetapi, alat yang digunakan juga harus sesuai pada kebutuhanya.

Setidaknya, gunakan kamera yang sudah memiliki banyak fitur canggih di dalamnya seperti mirrorless. Mirrorless merupakan salah satu kamera yang cocok untuk street photography. Kamera jenis ini sangat cocok untuk dibawa kemana saja. Tentunya tidak merepotkan bagi anda. Selain itu, disarankan pula untuk membawa tripod jika memang diperlukan.

 

4.Pengaturan kamera
fotografi jalanan
Pengaturan kamera

Cara terbaik untuk menghasilkan fotografi jalanan yang baik yaitu dengan memberikan mode khusus. Biasanya, para fotografer menggunakan pengaturan street photography mode A/AV( Aperture priority) serta S/TV (Shutter Prioryty). Mode ini memberikan hasil dengan preset yang cukup disesuaikan oleh kondisinya. Disarankan untuk tidak menggunakan mode manual ataupun program, hal ini justru membuat hasil foto anda akan melenceng dengan sangat jauh.

Pada mode aperture, yang perlu dilakukan penyetinggan yaitu pada shutter prioritynya. Shutter speed harus sesuai pada objek yang akan dibidik. Tidak terlalu cepat maupun begitu lambat. Mode ini memang harus dilakukan oleh yang sudah berpengalaman, untuk itu sebelum melakukannya alangkah baiknya untuk mulai mempelajari tips tersebut.

 

5.Berinteraksi sosial
fotografi jalanan
Berinteraksi sosial

Interaksi sosial sangat diperlukan untuk memberikan informasi yang lengkap mengenai tema fotografi anda. Setiap negara dan kota serta wilayah memiliki perbedaan budaya yang harus anda ketahui. Mugkin, di wilayah Indonesia anda masih bebas melakukan pemotretan jalanan di manapun dan kapanpun. Tetapi tidak di luar negeri, perlunya interaksi sosial berguna untuk membantu keperluan anda.

Proses pengambilan foto sendiri harus tetap memperhatikan lingkungan sekitar. Alangkah baiknya jika memang dalam situasi perkotaan dan suatu tempat meminta izin terlebih dahulu. Dengan begitu, anda menjadi lebih leluasa dalam pengambilan gambarnya. Tidak ada yang perlu ditakutkan. Hasilnya tentu akan menjadi lebih berkualitas.

 

6.Dekat dengan objek
fotografi jalanan
Dekat dengan objek

Detail dari objek yang akan dibidik memang sangat diperlukan utuk hasil yang lebih baik. Untuk itu, berusahalah agar selalu dekat dengan subjek yang akan dibidik. Jika bisa, bagian terkecilpun dapat difoto dengan jelas.

 

7.Tetap berhati-hati
fotografi jalanan
Tetap berhati-hati

Kita semua tentunya tidak menginginkan hal yang buruk terjadi. Untuk itu, alangkah baik untuk tetap berhati-hati terutama dalam daerah yang rawan. Sebelum mengunjungi sebuah tempat,pastikan terlebih dahulu keamanan dan kenyamannya. Karena fotografi jalanan membutuhkan aspek yang sesuai dan konsentrasi yang tinggi. Fotografer harus konsentrasi daam memilih angle maupun mode yang tepat dalam setiap sesinya.

Semua potensi buruk bisa saja terjadi kapanpun itu. Bagi fotografaer jalanan sudah pasti akan menghadapi hal yang satu ini. Meskipun begitu, tingkat kewaspadaan harus tetap diperhatikan. Terlebih, jika anda membawa peraalatan dan fyang mahal. Tentunya ini merupakan sasaran yang empuk. Jadi, tetap berhati-hatilah dalam setiap kegiatan fotografi yang berada di jalanan.

 

8.Lebih kreatif
fotografi jalanan
Lebih kreatif

Mungkin untuk fotografi di jalanan sendiri lebih identik pada pesan yang disampaikan. Namun, anda juga bisa menambahkan beberapa kreatifitas didalamnya. Seperti foto blur utuk beberapa mode saja. Dengan begitu, terdapat keunikan pada foto yang akan didapatkan. Kreatifitas sangat diperlukan dalam dunia fotografi. Semua hal yang unik dan memiliki nilai estetika tinggi akan disukai oleh banyak orang

Kreatifitas tanpa batas harus menjadi modal utama bagi para fotografer jalanan. Tanpa adanya kreatifitas, foto yang dihasilkan akan menjadi hambar. Bumbu yang diberikan harus sesuai pada tema yang diinginkan. Selain itu, pastikan untuk memotret sesuai pada prosedur yang telah ada dan attitude dari seorang fotografer.

 

Membaca beberapa tips fotografi jalanan pada artikel ini tidak akan membawamu secara instan menjadi fotografer handal. Yang terpenting, tetap lakukan street fotografi dengan cara yang benar. Tips diatas dapat anda coba agar lebih baik dalam hasilnya. Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan