8 Alasan Lensa 50mm Fix/Prime Cocok Jadi Teman Terbaik

lensa 50mm

Lensa fixed 50mm dianggap sebagai lensa yang memiliki panjang fokal yang sesuai dengan pandangan mata manusia. Berikut ini beberapa alasan kenapa lensa 50mm cocok dijadikan teman terbaik kemana pun Anda memotret.

1. Jago di cahaya rendah

Dengan bukaan diafrafgma lebar f/1.4 atau f/1.8, khususnya dibanding lensa kit yang biasanya f/5.6 saja, lensa ini memberi Anda 3 stop atau sekitar 8 kali (2x2x2) lebih banyak cahaya masuk ke dalam kamera.

Ini menguntungkan Anda mendapatkan kecepatan rana (shutter speed) yang lebih cepat sehingga terhindar dari goyangan kamera. Atau di sisi lain, ini menguntungkan Anda mendapatkan foto dengan ISO rendah dalam situasi kurang cahaya, sehingga bisa menghindari noise. Keuntungan dobel.

2. Lebih Murah tapi Hebat

Dibanding lensa-lensa tajam lainnya, lensa fixed 50mm harganya lebih tejangkau. Lensa Canon EF 50mm f/1.8 II baru dengan hasil super tajam saat ini (2016) bisa didapat dengan harga Rp 1,5 jutaan. Dan lensa Nikon AF 50mm f/1.8D yang baru bisa dijangkau dengan harga Rp 1,4 jutaan.

 

3. Ringan
lensa 50mm
lensa 50mm || pixabay

Ukurannya yang kecil dengan kisaran berat hanya 120 – 180 gram bukan alasan bagi Anda untuk meninggalkan lensa ini di rumah. Ketika Anda malas membawa tas kamera yang berat pun, lensa ini tidak akan menjadi beban buat Anda. Bahkan dia bisa dimasukkan di saku celana Anda.

 

4. Bokehnya Gila
hasil foto bokeh 50mm
hasil foto bokeh 50mm | Pixabay

Lensa fixed atau lensa prime biasanya menghasilkan bokeh yang lebih bagus dibanding kebanyakan lensa zoom. Dengan bukaan diafragma f/1.8 kita bisa membuat bokeh yang benar-benar menawan.

 

5. Super tajam

Lensa dengan panjang fokal (focal length) tetap atau sering disebut dengan lensa fixed, memiliki ketajaman lebih dibanding lensa-lensa zoom. Salah satu sebabnya; karena adanya sedikit elemen dan sedikit bagian yang bergerak di dalam lensa.

Seperti yang saya katakan di atas, hasil yang tajam dari lensa ini juga didapat dari bukaan lensanya yang lebar akan memungkinkan kita mendapatkan kecepatan shutter yang lebih, sehingga goyangan kamera dapat dihindari. Obyek yang bergerak pun bisa dibekukan, dan tentunya Anda tak perlu menaikkan ISO.

 

6. Lensa 50mm Sangat Serbaguna

Lensa 50mm adalah lensa jalanan yang hebat, tidak terlalu wide juga tidak terlalu panjang. Pada cropped sensor atau sensor APS-C (body kamera non full frame), ini merupakan lensa potret yang bagus. Dan pada body kamera full frame, lensa ini cukup untuk mengambil foto pemandangan (landscape).

 

7. Bagus untuk Traveling

Karena ringan dan cepat (bukaan lebar f/1.8), sayang sekali kalau lensa ini tidak dimasukkan ke tas perjalanan Anda. Jika saat traveling Anda sudah membawa lensa zoom wide 16-35mm dan tele 70-200mm, lensa 50mm ini tepat sekali untuk mengisi kesenjangan focal length antara kedua lensa tadi.

Bahkan ketika Anda merasa sudah membawa lensa kit dengan panjang fokal yang lengkap, misalnya 18-55 dan 55-200, lensa 50mm akan sangat membantu pada kondisi kurang cahaya. Karena kedua lensa tadi tidak mampu melakukannya karena keterbatasan bukaan lensa. Dan… ringannya itu lho, membuat Anda lupa-lupa ingat kalau dia ada di tas Anda.

 

8. Membuat Anda jadi fotografer yang lebih baik dan kreatif

Lensa zoom membuat kita jadi malas dan ketergantungan. Kita cukup meng-zoom jika ingin mendapatkan foto yang lebih dekat. Dengan lensa fixed 50mm, demi hasil yang lebih tajam, coba tantang diri Anda berkreasi. Cobalah memotret seharian dengan lensa 50mm. Misalnya memotret pre wedding, kita akan lebih aktif menggunakan kaki kita untuk zoom-in dan zoom-out. Otomatis kita akan lebih kreatif mencari sudut bidik (angle) yang pas dengan mengelilingi model kita.

 

Kesimpulannya, lensa fixed 50mm cocok jadi teman terbaik Anda, karena ringan, bukaan lebar yang sangat membantu dalam kondisi cahaya rendah, menghasilkan shutter speed yang lebih cepat, hasil yang tajam serta bokeh yang menakjubkan. Bagaimana menurut Anda? Jika ada tambahan, silakan sumbangkan komentarnya ya…

Tinggalkan Balasan