Pengertian Fotografi Secara Umum dan Menurut Ahli

Pengertian Fotografi

Beberapa orang masih menganggap bahwa fotografi sendiri identik dengan proses memotret. Saat ini, telah terdapat banyak pengertian dari fotografi yang diberikan oleh pada ahlinya. Para ahli memang memberikan pengertian yang cukup teoritis berdasarkan ilmu yang telah dipelajari. Meskipun begitu, tetap ilmu yang diebrikan sangatlah bermanfaat untuk di dalami lebih jauh. Untuk itu, anda perlu memahaminya dengan benar. Artikel ini mengulas lengkap pengertian fotografi.

Setiap pengertian yang diberikan oleh para ahli memang cukup berbeda beda. Namun, perbedaan ini tidak mengurungkan niat untuk tetap memberikan wawasan untuk anda. Pembahasan mengenai fotografi merupakan topik yang cukup hangat saat ini. Banyak fotografer yang memiliki perbedaan pendapat mengenai pengertiannya. Perbedaan yang disampaikan oleh para ahli tidak akan memberikan perdebatan. Tertarik untuk mulai membahasnya? Berikut kami sajikan pembahasan mengenai pengertian fotografi.

Pengertian Fotografi Secara Umum

Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu “photos” : Cahaya dan “Grafo” : Melukis/menulis) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

Prinsip fotografi adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa).

sumber: wikipedia

Pengertian Fotografi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa penjelasan yang diberikan oleh para ahli dalam pengertian dari fotografi ini.

1.Menurut Ansel Adams
Ansel Adams
Ansel Adams

Ansel adams merupakan seorang fotografer yang berasal dari california. Ansel kerap kali mengabadikan banyak foto yang dia dapatkan dengan kamera hitam putihnya. Menurutnya, fotografi tidak lebih hanya sekedar sarana untuk menyampaikan ide serta komunikasi secara faktual. Fotografi harus bisa dipadndang sebagai saranan untuk seni kreatif yang lebih baik.

Di era dahulu, fotografi kerap kali dianggap sebagai hal yang cukup modern. Dengan menggunakan kamera yang seadanya, Ansel adams dapat mengabadikan suasana di kota amerika dengan baik. Hasilnya, ia memiliki banyak sekali karya yang sampai saat ini memiliki nilai jual cukup tinggi. Baginya, kreatifitas dari fotografi harus tetap dikembangkan.

 

2.Fotografi menurut Michael Langford
Michael Langford
Michael Langford

Seorang master canon bernama Michael Langford yang telah berkarir dalam dunia fotografi lebih dari 34 tahun juga menyampaikan pendapatnya. Menurutnya, pengertian fotografi sendiri berarti imajinasi visual serta desain yang diberikan. Ketrampilan dan kemampuan pemiliknya sangat diperlukan guna menghasilkan foto yang lebih berkualitas.

Michel langford memiliki kemampuan dalam membidik objek yang jauh lebih baik. Proses belajarnya sendiri dapat dilakukan secara ototidak. Jika ingin menjadi fotografer yang profesional maka tidak hanya ketrampilan saja yang diperhatikan, namun sikap dan attitude harus terus diperbaiki.

 

3.Menurut Henri Cartier-Bresson
Henri Cartier-Bresson
Henri Cartier-Bresson

Henri cartier-bresson ialah seorang fotografer yang berasal dari negara prancis. Ia dianggap sebagai pencetus adanya pionir pada jurnalisme modern. Menurutnya, fotografi merupakan pengakuan dari adanya hasil fotografi yang nyata. Selain nyata, setiap foto yang dihasilkan harus sesuai dengan aslinya. Tidak ada foto yang dimanipulasi untuk kepentingan pribadi. Henri juga dikenal sebagai pencetus munculnya fotografi jalanan.

Henri sendiri menggunakan format 35mm untuk proses memotretnya. Semua elemen foto yang dihasilkan dipadukan secara langsung dengan nilai partistik dan dokumentasi jalanan lainnya. Kualitas foto yang dihasilkan sangat bagus. Sesuai dengan definisi fotografi yang ia berikan.

 

4.Menurut Elliot Erwitt
Elliot Erwitt
Elliot Erwitt

Seorang fotografer dokumenter dan iklan yang berasal dari amerika mengungkapkan gagasannya mengenai pengertian dari fotografi. Menurutnya, Fotografi merupakan proses dimana mendapati gambar prakonsepsi yang asli. Selain itu, hasil foto yang didapatkan diambil dari segala sisi. Yang perlu anda ketahui yaitu mengenai kepedulian dalam rasa kemanusiaan.

Membidik sebuah objek memang membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi. Elliot Erwitt sudah lebih dari 30 tahun dalam dunia fotografi. Hal tersebut sangat sesuai dengan pernyataanya mengenai hasil foto yang berkualitas dari segala sisi.

 

 

Tinggalkan Balasan