Pengertian Fotografer, Keuntungan Dan Kerugian

Fotografer merupakan salah satu profesi yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat, karena memang profesi ini tidak membutuhkan skill yang lebih. Walaupun begitu bagi anda yang mungkin masih pemula dalam dunia fotografi, tentunya anda harus memahami beberapa teknik dasar fotografi terlebih dahulu. Karena yang dibutuhkan untuk menjadi seorang fotografer professional, tentunya di lihat dari berbagai macam karya foto yang indah dan menarik.

Bagaiamana masih tertarik untuk menjadi seorang fotografer ? untuk membuat anda lebih yakin lagi, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengulas lengkap seputar dunia fotografi. Khususnya orang yang bergerak di belakangnya atau seorang fotografer. Untuk itu anda perlu menyimak pembahasan berikut ini dengan baik.

Apa Itu Fotografer

Untuk pengertian  menurut Kamus Bahasa Indonesia yaitu seseorang yang menjadi juru foto atau juru potret. Mungkin pengertian tersebut terbilang sangat sederhana, dan semua orang mungkin sudah mengetahuinya. Sedangkan untuk pengertian fotografer menurut Wikipedia yaitu orang-orang yang mengambil gambar serta menangkap cahaya dengan bantuan kamera dan berbagai macam peralatan fotografi, selain itu seorang fotografer juga memikirkan beberapa teknik atau seni untuk menghasilkan gambar yang bagus dan menarik.

Untuk pengertian fotografer juga bisa di lihat dari dua sisi yang berbeda, dimana bisa di lihat sebagai hobi atau bis di lihat sebagai profesi. Tentunya kedua sisi tersebut memiliki pengertian yang berbeda, dimana untuk pengertian fotografer ketika dilihat dari hobi yaitu seseorang yang senang melakukan aktivitas seputar fotografi dengan tujuan untuk mengambil gambar di saat waktu luang atau pada saat berlibur guna menenangkan pikiran atau hanya sebatas mendapatkan kesenangan saja.

Sedangkan untuk pengertian fotografer jika di lihat dari sisi profesi yaitu seseorang yang melakukan kegiatan fotografi secara professional dan memiliki rasa tanngung jawab terhadap tugasnya untuk mendapatkan gambar menarik, serta bisa menghasilkan uang dari kegiatan tersebut. Dengan kata lain seseorang yang menjadikan fotografi sebagai profesi, tentunya bisa menghasilkan uang dari kegiatan tersebut. Karena memang profesi ini sama halnya dengan profesi pada umumnya.

fotografer

Keuntungan Dan Kekurangan Dari Menjadi Seorang Fotografer

Keuntungan:

Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dari dunia fotografi, khususnya bagi anda yang menjadikan hal tersebut sebagai suatu profesi ataupun hobi. Berikut beberapa keuntungannya:

1.Bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, jika fotografi bisa anda manfaatkan sebagai suatu profesi yang menghasilkan uang. Tapi perlu di ingat untuk bisa mendapatkan penghasilan dari sini tidaklah mudah, dimana anda harus benar-benar menguasai teknik-teknik dan cara jadi fotografer yang baik terlebih dahulu.

Untuk memudahkan jalan anda menjadi seorang pecinta fotografi, anda bisa mencari teman yang sesama profesi atau hobi. Dengan begitu anda bisa saling sharing satu sama lain mengenai dunia fotografi. Selain itu mungkin saja teman anda memiliki bisnis seputar dunia fotografi, dari situlah bisa anda manfaatkan sebagai sumber penghasilan.

 

2.Dapat menikmati dan menyukuri Nikmat Tuhan

Keuntungan selanjutnya ketika menjadi seorang fotografer yaitu bisa menikmati keindahan alam yang di berikan oleh Tuhan. Karena memang profesi  itu sendiri tidak harus selalu mengambil gambar model, melainkan masih banyak lagi objek menarik yang bisa di ambil gambarnya.

Selain itu seorang fotografer juga di tuntut untuk memngambil gambar dari lingkungan masyarakat dan keindahan alam yang ada. Dari profesi fotografer alam tersebut anda bisa melihat potret kehidupan yang menyedihkan dan juga keindahan alam yang ditawarkan. Dan dari situ anda bisa mensyukuri NIkmat Tuhan yang diberikan kepada anda, karena di luar sana masih banyak orang yang mungkin kurang baik nasibnya.

 

3.Melatih kreativias dan mendapatkan pengalaman

Ketika anda di tuntut untuk menghasilkan foto yang menarik, tentunya hal tersebut akan berbeda dengan apa yang anda pelajari pada teori fotografi. Karena memang praktek di lapangan akan lebih sulit daripada yang ada di teori. Mulai dari situlah anda harus berpikir bagaimana cara mengambil gambar yang menarik dan unik. Tentunya hal tersebut bisa mengasah daya kreatif anda.

Keuntungan lainnya yaitu anda bisa mendapatkan pengalaman lebih dari profesi ini. Dan mungkin pengalaman yang anda dapatkan tidak akan mudah untuk dilupakan. Terlebih bagi anda yang sudah menjadi seorang fotografer professional, biasanya anda akan sering di hadapkan pada model-model ternama. Belum lagi ketika anda mengambil potret kehidpan masyarakat, hal tersebut bisa menjadi pembelajaraan untuk anda.

 

4.Peka terhadap lingkungan sekitar

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, jika seorang fotografer tidak hanya mengambil gabar dari foto model saja. Melainkan seorang itu di tuntut juga untuk mengambil gambar atau potret kehidupan masyarakat. Hal itulah yang bisa memicu rasa kecintaan anda terhadap alam maupun lingkungan sekitar.

 

Kerugian:

fotografer

Walaupun memiliki banyak keuntungan, tentuna profesi ini juga memiliki kerugian di antaranya sebagai berikut :

  • Untuk bisa menjadi seorang fotografer professional haruslah memiliki tingkat kesabaran yang tinggi, karena memang untuk mendapatkan momen yang pas dibutuhkan waktu yang lama.
  • Harus memiliki tingkat keimanan yang tinggi, karena seorang fotografer model biasanya tidka lepasdari yang namanya model-model hot.
  • Harus memiliki tingkat kreativitas yang tinggi.

Tinggalkan Balasan